Video : Weichai, Kuda Hitam Produsen Engine dari Timur

Weichai Power Co., Ltd, merupakan sebuah grup perusahaan multinasional asal Tiongkok yang memproduksi engine, transmisi, axle, genset, truk, bus, alat berat, mobil penumpang dan kapal pesiar mewah. Berbasis di kota Weifang, Provinsi Shandong, Tiongkok, sejarah Weichai berawal pada tahun 1946 dengan berdirinya industri pengecoran logam, Yucheng, di kota Weifang yang dimiliki angkatan bersenjata Tiongkok. Berawal dari memproduksi berbagai persenjataan bagi angkatan bersenjata Tiongkok dan melakukan perbaikan kapal-kapal perang, perusahaan ini kemudian mulai memproduksi engine kecil berjenis low speed.

Pada tahun 1953, perusahaan ini meluncurkan seri engine diesel 6108 dan kepemilikan perusahaan berpindah di bawah Biro Industri Mekanikal yang merupakan bagian dari Kementerian Industri Pembangunan Kapal. Perubahan juga terjadi pada nama perusahaan menjadi Weifang Diesel Engine Works dan mulai melakukan R&D engine-engine diesel.

Periode 1955 – 1989 merupakan periode terpenting dalam perjalanan Weichai dengan diluncurkannya berbagai inovasi engine. Pada tahun 1955 Weifang Diesel Engine Works berhasil memproduksi engine  Czech 6160 yang  segera mendominasi engine-engine kapal-kapal ikan di Tiongkok, baik di laut maupun di daratan. Pada tahun 1968 Weichai mulai diproduksi marine diesel engine 6200 untuk kapal-kapal penangkap ikan kecil. Tahun 1970, Industri Pertahanan Nasional Tiongkok meminta Weichai untuk mengajukan desain engine tank 8V160. Tim R&D Weichai berhasil memproduksi engine tank 800 Hp dan memenangkan seleksi pemilihan engine. Pada tahun 1978 Weichai memperoleh penghargaan National Science Conference. Pada tahun 1984, Weichai mulai memproduksi engine heavy-duty yang berbasis engine Steyr, WD615. Engine ini berhasil mendapatkan sertifikat proyek tingkat nasional pada tahun 1989. Pengakuan ini sekaligus mengukuhkan eksistensi Weichai sebagai produsen medium dan high speed engine.

Nama Weichai sendiri merupakan akronim dari ‘Wei’, yaitu Weifang yang merupakan kota asal Weichai dan ‘Chai’ yang berarti engine. Dengan berjalannya waktu, Weichai menjadi pemain utama produsen engine di Tiongkok. Tidak hanya di Tiongkok, engine-engine Weichai mulai merambah pasar internasional. Berbagai produk alat berat, truk dan bus yang diproduksi di Tiongkok menggunakan Weichai sebagai engine-nya. Tidak hanya mengembangkan engine -engine dengan rentang 85 – 12000 Hp, Weichai juga membangun berbagai industri yang terkait dengan brand-brandnya seperti transmisi (Fast Gear), axle (Hande Axle), gear (Zhuzhou), busi (Torch), bahkan juga unit-unit seperti truk (Shacman), bus (BCI dan Asia Star), alat berat (excavator (JCM & Strong), mining truck (Weichai) maupun mobil penumpang (Enranger).

Weichai juga berekspansi dengan mengakuisisi berbagai perusahaan internasional. Tercatat Ferreti (produsen kapal pesiar mewah asal Italia), Kion (produsen komponen hidraulik asal Jerman), Moteurs Baudouin (produsen engine asal Perancis), BCI (produsen bus asal Australia) dan Linde (produsen forklift asal Jerman; anak perusahaan dari Kion) menjadi bagian dari Weichai.

Kerjasama strategis juga dilakukan dengan produsen-produsen engine dan komponen dunia. Tercatat Weichai melakukan kerjasama strategis dengan Bosch sebagai penyedia komponen-komponen utama engine, Deutz (kerjasama pengembangan engine-engine 200 – 500 Hp) dan MAN (untuk engine di atas 1100 Hp). Weichai juga berkolaborasi dengan Westport , sebuah perusahaan asal Kanada untuk memproduksi engine-engine berbahan bakar alternatif.

Saham-saham Weichai juga tercatat di beberapa bursa efek terkemuka dunia, seperti Hongkong, Shenzen dan Frankfurt. Untuk mengekspose brand Weichai, Weichai juga tercatat menjadi sponsor tim Formula 1, Scuderia Ferrari semenjak tahun 2013.

Simak video company profile dari Weichai berikut ini.

Leave a Comment