Volvo Articulated Dump Truck A60H, Menjawab Kebutuhan Pertambangan dan Quarry Yang Semakin Kompleks

Untuk menjawab kebutuhan pengangkutan material di area pertambangan dan quarry yang lebih efisien dan tangguh, Volvo Construction Equipment, pabrikan alat berat asal Swedia meluncurkan produk terbarunya yaitu Articulated Dump Truck (ADT) berkapasitas 60 ton,  terbesar di kelasnya, A60H. Peluncuran unit ADT 60 ton pertama di dunia ini bertepatan dengan 5o tahun kiprah Volvo Construction Equipment di industri alat berat.

Sebagaimana diketahui Articulated Dump Truck merupakan varian dari off-highway truck dimana kabin dan bagian belakang dari dump truck termasuk dump body dapat berartikulasi menyesuaikan kondisi medan yang ekstrim. Teknologi ini merupakan varian lain dari rigid dump truck yang hanya dapat beroperasi di medan dengan jalan yang relatif baik.

volvo-g-articulated-trucks_11364178

Peluncuran unit terbaru ADT Volvo ini makin melengkapi barisan produk andalan Volvo di kelas off-highway truck, dari 20 ton, 25 ton, 30 ton, 35 ton, dan 40 ton. Seperti diketahui Articulated Dump Truck Volvo merupakan market leader di dunia sejak diluncurkan pertama kali pada tahun 1966.

Volvo ADT A60H dimaksudkan sebagai truk pengangkut material di area yang kondisi jalannya buruk atau mungkin dapat dikatakan ekstrim. Dengan kapasitas angkut yang lebih besar, A60H sangat cocok digunakan digunakan pada lokasi pertambangan terbuka (open pit), quarry atau proyek-proyek pemindahan material skala besar.

Volvo ADT A60H menggunakan rangka depan dan belakang berkemampuan tinggi dan sistem pengereman menggunakan cakram basah sebagai fitur-fitur keamananya. A60H ini menggunakan mesin 16 liter Volvo, yang memberikan 512 tenaga kuda dan 365 lb.-ft. torsi. Tenaga besar yang dihasilkan ini kemudian disalurkan ke sistem drivetrain produksi Volvo yang menggunakan transmisi otomatis dan differential lock 100 %.

a60h_1

Sistem kemudi menggunakan sistem hidro-mechanical yang menjamin kehandalan dan kemampuan manuver di lokasi yang ekstrim sekalipun dilengkapi dengan sistem suspensi depan active hydraulic, menjamin unit ini tetap aman dan nyaman pada kecepatan pengoperasian yang tinggi. Dengan sistem pengontrolan unit yang dibangun oleh Volvo sendiri seperti MATRIX, CareTrack, dan On Board Weighing System, pelanggan dapat mengoptimalkan produksi dan meminimalkan biaya operasional.

 

(ES)

 

Leave a Comment