Volvo Construction Equipment Akan Memasuki Pasar Rigid Dump Truck Pada Tahun 2018

Volvo Construction Equipment (Volvo CE), anak perusahaan Volvo Group yang memproduksi berbagai alat berat dengan merek Volvo, akan segera menjadi pemain baru dalam pasar alat berat berkategori rigid dump truck pada kuartal kedua 2018. Hal ini diumumkan melalui rilis kepada media-media internasional di bidang alat berat.

Ini bukan kali pertama bagi Volvo CE memasuki bisnis rigid dump truck. Sebelumnya Volvo CE pernah memproduksi rigid dump truck melalui brand Euclid, namun kemudian saham Volvo di Euclid dijual kepada Hitachi Construction Machinery (HCM) pada tahun 2000. Semenjak itu Volvo CE tidak pernah memproduksi rigid dump truck lagi sampai dengan rencana pada tahun 2018 ini.

Volvo rigid dump truck menggunakan basis dari Terex rigid dump truck yang dibeli Volvo CE pada tahun 2014. Dengan menggabungkan pengalaman yang dimiliki oleh Terex dalam mengembangkan produk rigid dump truck dengan penguasaan teknologi dari Volvo CE, di tahap awal Volvo CE akan meluncurkan 4 model rigid dump truck, yaitu rigid dump truck kelas 40 ton, R45D, kelas 60 ton, R60D, kelas 72 ton, R70D, dan model terbesarnya rigid dump truck kelas 100 ton, R100E.

Kembalinya Volvo pada pasar rigid dump truck akan semakin mengukuhkan posisi Volvo CE sebagai salah satu produsen alat berat terkemuka di dunia. Sebagai informasi, pada tahun 2017, Volvo CE menduduki peringkat 5 produsen alat berat terbesar di dunia dengan market share 4,6%, sementara Terex menduduki peringkat 9 dengan market share 3,4%. Dengan masuknya rigid dump truck pada portfolio produk-produk Volvo CE, tidak menutup kemungkinan Volvo CE akan menyalip posisi Liebherr dan Hitachi pada peringkat 4 dan 3, karena Terex rigid dump truck merupakan salah satu pemain utama produk rigid dump truck.

Sebagai flagship dari produk-produk Volvo rigid dump truck adalah R100E, yang menawarkan desain baru dari Terex TR100. Ciri khas produk-produk Volvo seperti kehandalan, kenyamanan, safety, efisiensi dan biaya total yang rendah disematkan pada produk ini. Produk ini didesain mampu mengangkut material dalam jumlah yang besar dan kecepatan angkut (hauling speed) yang lebih tinggi berkat desain baru dump body v-shaped-nya, efisiensi sistem hidraulik, intelligent monitoring system dan pengoperasian yang nyaman.

Dalam sambutannya, Thomas Bitter, senior vice president Marketing and Product Portfolio (MaPP) menyatakan, “Pembelian Terex pada tahun 2014 merupakan keputusan penting bagi Volvo karena memberikan akses kepada Volvo untuk menawarkan alternatif produk-produk rigid dump truck bagi customer-customer kami. Semenjak itu, kami terus berupaya mengembangkan produk-produk rigid dump truck yang dibangun dari basis Terex rigid dump truck yang dikenal handal, dengan menggabungkan keunggulan Volvo di bidang teknologi dan nilai-nilai dasar Volvo: kualitas, keselamatan dan peduli pada lingkungan. Hari ini kami memasuki tahap selanjutnya melalui produk-produk rigid dump truck, khususnya R100E. Kami percaya, produk-produk ini akan memberikan kepuasan kepada pelanggan-pelanggan kami di sektor pertambangan dan quarry.”

Rencananya, produk-produk rigid dump truck Volvo ini akan diproduksi pada fasilitas Volvo Motherwell di Skotlandia dan dipasarkan secara eksekutif melalui jaringan dealer Volvo.

(LK)

Leave a Comment