Volvo Construction Equipment Sukses Melakukan Uji Coba Mini Excavator Elektrik EX2

Sebagai produsen alat berat terkemuka di dunia, Volvo Construction Equipment (VCE) dikenal selalu melahirkan produk-produk inovatif. Baru-baru ini VCE melakukan uji coba produk konsep terbarunya, mini excavator elektrik Volvo EX2. Uji coba yang berlangsung pada event Volvo Group Innovation Summit yang berlangsung di London, 16 Mei 2017 yang lalu. Uji coba ini dilakukan di hadapan para pengambil keputusan bisnis, kalangan media dan akademisi.

Volvo EX2 merupakan mini excavator pertama yang didesain menggunakan tenaga listrik 100% sebagai sumber tenaganya. Untuk membuat protipe EX2 100% bertenaga listrik, Volvo menggantikan engine konvensional dengan dua buah batere lithium ion yang mampu menghasilkan daya 28 KWh. Dengan daya sebesar ini, EX2 mampu beroperasi 8 jam nonstop untuk melakukan pekerjaan yang cukup berat, seperti menggali material padat. Pada kondisi pekerjaan yang ringan, Volvo EX2 bisa beroperasi dengan hanya menggunakan satu batere. Tidak hanya itu, sistem hidraulik seperti pada excavator konvensional juga tidak digunakan pada EX2. Aktuator elektro mekanikal menggantikan fungsi berbagai komponen hidraulik.

Dengan menggantikan engine konvensional dan sistem hidraulik, Volvo EX2 merupakan produk ramah lingkungan dengan tingkat emisi gas buang 0, efisiensi meningkat 10x dibanding produk yang menggunakan engine konvensional dan sekaligus mengurangi biaya total pengoperasian dan maintenance.

Dalam sambutannya, Thomas Bitter, Senior Vice President of Marketing and Product Portfolio Volvo Construction Equipment menyatakan, “Volvo CE berkomitmen mengembangkan teknologi berbasis elektrikal, produk-produk yang cerdas dan sekaligus menjadi solusi total bagi berbagai pekerjaan di lapangan yang memberikan manfaat kepada pelanggan-pelanggan kami dan berkontribusi nyata pada kelestarian lingkungan dengan cara memproduksi produk-produk berkinerja tinggi, produktif, efisien dan berkelanjutan. Produk-produk dan layanan kami akan memainkan peranan penting bagi kehidupan umat manusia di masa yang akan datang,”

Ahcène Nedjimi, electrics and electronics systems lead engineer dan project leader EX2 menyatakan.“Elektrisasi alat berat akan menghasilkan produk yang lebih bersih, tingkat kebisingan yang lebih rendah dan lebih efisien, hal ini menggambarkan situasi industri alat berat di masa yang akan datang.”

volvo_ex2_equipina_1

Pada uji coba ini, Volvo EX2 terlihat mampu melakukan berbagai pekerjaan seperti excavator pada umumnya, seperti digging, dozing dan excavating. Tanpa mengalami kesulian, Volvo EX2 mampu mengangkat batu berukuran besar dengan cycle time yang cukup cepat. Pada uji coba ini didemonstrasikan pengoperasian EX2 dengan menggunakan remote control baik untuk berpindah lokasi maupun melakukan pekerjaan standar sebuah excavator.

Walaupun sukses melakukan uji coba, VCE hanya memaksudkan Volvo EX2 ini sebagai sarana riset. VCE tidak memiliki rencana untuk memproduksi EX2 secara masal.

 

(BW)

 

Leave a Comment