Volvo EC55B Pro Mini Excavator, Bekerja Nyaman Pada Berbagai Pekerjaan

Bagi seorang operator alat berat, ada hubungan erat antara kenyamanan bekerja dan produktivitas yang dihasilkannya. Kenyamanan bekerja yang dipengaruhi kondisi alat berat yang dioperasikannya akan membuat sang operator bisa bekerja secara maksimal. Bila alat berat yang dioperasikannya tidak nyaman, bekerja secara kasar, atau dalam keadaan rusak, bisa membuat operator cepat merasa lelah. Tentunya, dengan produktivitas operator yang tinggi akan memberikan keuntungan bagi perusahaan pemilik alat berat tersebut.

Volvo EC55B Pro Mini Excavator merupakan salah satu varian mini excavator yang diproduksi Volvo CE untuk memenuhi ekspektasi para customernya akan alat berat berukuran kompak yang nyaman, memiliki produktivitas tinggi dan handal.

EC55B Pro memiliki kabin yang lega, bahkan bagi operator yang memiliki tubuh yang tinggi akan merasa nyaman berada di kabinnya. Kabin yang lapang ditunjang dengan lantai yang rata dan lega bagi kaki sang operator. Posisi joystick juga sangat mudah dijangkau dari armrest, dengan pengoperasian yang halus dan responsif berkat sistem Total Power Control Hydraulic sehingga berbagai pekerjaan yang presisi bisa ditangani dengan mudah. Travel pedal juga didesain secara ergonomis dan responsif, yang memungkinkan operator mengatur posisi unit sambil mengontrol unit dengan joystick. Sebagai tambahan, panel instrumen bisa diubah posisinya dengan mudah, untuk membantu operator melakukan monitor berbagai parameter secara sekilas.

Faktor kebisingan suara juga menjadi faktor penting yang diperhatikan oleh Volvo. Untuk mengisolasi berisiknya suara yang ditimbulkan unit maupun suara-suara dari lingkungan sekitar, Volvo EC55B Pro dilengkapi seal-seal untuk mereduksi suara dari unit. Seal-seal ini juga berfungsi untuk meredam suara yang ditimbulkan unit dengan lingkungan sekitarnya. Alhasil, intensitas suara maksimum di dalam kabin adalah 78 dB, sedangkan di luar unit 97 dB.

Kenyamanan saat pengoperasian tidak saja diperoleh saat unit EC55B Pro melakukan pekerjaan standar. Saat unit berpindah, operator tetap merasa nyaman berkat fitur anti-vibration pada track, bahkan saat unit berpindah lokasi dengan kecepatan lebih tinggi.

Tidak hanya sisi kenyamanan, sisi kinerja unit pun menjadi fokus perhatian Volvo. Dilengkapi engine diesel Volvo D3.1A, 4 silinder, 16 valve, engine ini mampu menghasilkan tenaga 50 Hp pada 2100 rpm, dan torsi maksimum 194-210 Nm pada 1600 rpm, terbesar di kelasnya. Engine ini sudah dilengkapi dengan fitur engine protection yang dikontrol panel instrumen, yang secara otomatis akan mematikan engine saat terjadi problem serius pada engine. Untuk melakukan putaran (swing), unit ini dilengkapi motor hidraulik dengan piston radial yang bekerja secara langsung tanpa menggunakan reduction gear, membuat EC55B Pro ini bisa melakukan swing dengan kecepatan 9,4 rpm. Saat berhenti melakukan putaran, shockless valve akan bekerja meredam hentakan dari sistem hidraulik.

Saat melakukan penggalian (digging), sistem power assistance dengan gear pump akan memberikan tambahan tenaga pada sistem hidraulik. Sistem hidraulik ini terpisah dengan sistem hidraulik untuk pengoperasian attachment seperti breaker dan auger, sehingga dengan distribusi tenaga yang terpisah, EC55B Pro bisa dioptimalkan kinerjanya. Penggantian attachment juga bisa dilakukan dengan cepat. Sama seperti varian model excavator yang berukuran lebih besar, EC55B Pro sudah dilengkapi dengan sistem quick-release coupling. Operator pun tidak perlu keluar dari kabin untuk melakukan penggantian attachment.

 

volvo_ec55_pro_equipina_1
Unit-Unit Volvo EC55B Pro di workshop PT. Indotruck Utama, Cakung, Jakarta

Pekerjaan penggalian umumnya membuat unit-unit alat berat menjadi tidak stabil. Untuk itu, Volvo EC55B Pro dilengkapi dengan counterweight yang lebih besar dan track yang lebih lebar, 380 mm, membuat unit menjadi lebih stabil, bahkan saat melakukan swing dengan bucket yang penuh terisi material. Kombinasi counterweight yang lebih berat, track yang lebih lebar dan hydraulic pressure yang lebih besar membuat unit menjadi lebih stabil dan lebih cepat, bahkan saat bekerja pada medan yang miring. Selain itu, undercarriage kiri maupun kanan disatukan dengan X-frame, yang membuat distribusi gaya terbagi merata. X-frame juga membuat ground clearance menjadi lebih baik.

Kekuatan boom support juga ditingkatkan dengan menggunakan pin berdiameter 80 mm yang lebih besar dari versi sebelumnya. Dengan pin yang lebih besar dan tambahan bushing membuat koneksi boom dan arm menjadi lebih kokoh, bahkan saat mengangkat beban yang cukup berat.

Volvo EC55B Pro membuat operator bisa bekerja secara maksimal. Tidak heran, unit ini dijuluki unit kecil namun dengan kemampuan yang besar.

 

(ES)

Leave a Comment