Volvo Meluncurkan Line Product Baru Paver: P4410B

Produsen alat berat asal Swedia, Volvo Construction Equipment (CE), baru-baru ini meluncurkan produk terbarunya di jajaran paver, P4410B. P4410B merupakan paver berukuran kompak namun sangat bertenaga yang menjadi jembatan antara produk paver untuk pekerjaan pengaspalan besar dengan produk untuk pengaspalan ringan.

Produk ini merupakan versi pengembangan dari produk paver yang sebelumnya diproduksi oleh Blaw-Knox yang telah diakuisi oleh Volvo CE. Memiliki engine dengan output 155 Hp Deutz Tier 4 dengan tingkat kebisingan yang rendah, P4410B memiliki kemampuan besar melakukan berbagai pekerjaan pengaspalan, namun memiliki efisiensi bahan bakar 5% lebih baik dari pendahulunya. Didesain untuk memudahkan dalam pengangkutannya, P4410B memiliki kemampuan manuver yang baik di lokasi kerja berkat attachment screed Ultimat®16.

John Mooney, product manager Volvo CE menjelaskan, “P4410B didesain untuk menjadi unit andalan bagi berbagai pekerjaan konstruksi. Unit ini memiliki memiliki ukuran yang relatif kecil dengan engine yang bertenaga, screed depan yang bisa diperpanjang jangkauannya dengan mudah, membuat unit ini menjadi alat yang efektif bagi berbagai pekerjaan konstruksi. Sebagai tambahan, unit ini bisa dipasang perangkat auto-grade dan sistem pengaturan kemiringan screed, untuk menyesuaikan dengan kebutuhan medan.”

Saat pengangkutannya, P4410B memiliki lebar 98 inch dengan panjang 17 feet, 10 inches, tidak lebih besar dari ukuran sebuah compactor. Namun, saat mulai dioperasikan unit ini bisa diperlebar screed-nya secara hidraulis menjadi 16 feet, 2x lipat dari ukuran standarnya, dengan fitur Ultimat 16. Bila dibutuhkan, lebarnya bisa ditambah menjadi 18 feet secara manual. Tekanan screed dengan fitur Ultimat 16 dari P4410B ini mencapai 6500 pon, cukup besar untuk menghasilkan pengaspalan yang berkualitas pada lebar screed maksimum.

Panel pengaturan screed dan remote control terpasang secara ergonomis tanpa menghalangi pandangan operator, menghasilkan pengaturan secara cepat dan presisi, dikombinasikan dengan pengaturan kemiringan dan ketinggian screed, hooper bervolume besar dan sayap hooper yang bisa berputar untuk mencegah penumpukan material pada screed, P4410B merupakan paver handal untuk membuat lapisan aspal.

volvo_p4410b_paver_equipina_1

Kelengkapan Fitur

Fitur-fitur yang disematkan pada P4410B merupakan fitur-fitur yang biasa ada pada paver berukuran besar. Sisi keselamatan tentunya juga menjadi fokus perhatian Volvo. Unit ini memiliki jalur melangkah (walkways) bagi operator yang cukup lebar, 20 inch, dimana walkways ini juga bisa dilipat, dilengkapi handrail pegangan, anti slip dan lapisan relektif yang bisa terlihat saat gelap. Lantai operator memiliki ketinggian 60 inch. Operator memiliki sudut pandang yang luas, 3600, operator bisa mengecek paver, hooper, auger dan screed dengan mudah secara sepintas melalui lantai. Untuk memutar posisi operator cukup dilakukan melalui panel yang intuitif.

Unit ini juga dilengkapi fitur SmokEater® yang berfungsi menyerap uap panas dan berbau dari aspal, sehingga operator bisa bekerja dengan nyaman.

Kemudahan Perawatan

Pemeliharaan rutin bisa dilakukan dengan mudah, berkat pintu panel yang berukuran besar. Sistem bebas perawatan dari auger dan bearing conveyor mengurangi waktu yang dibutuhkan untuk greasing. Sistem hidraulik yang simpel, tahan lama, sistem drive chain yang simpel, solenoid control yang didesain untuk bekerja secara sederhana menjamin unit bisa beroperasi dengan efisien dan berbiaya murah.

 

 

(TP)

Leave a Comment