News

Volvo Meluncurkan Truk Berbahan Bakar Gas yang Mampu Mengurangi Emisi CO2 dari 20-100%

Volvo Truck Corporation mengumumkan peluncuran truk berbahan gas yang diklaim bisa mengurangi emisi CO2 dari 20% menjadi 100%. Dari rilis resmi bertanggal 3 Oktober 2017, Volvo menyatakan produk terbaru ini merupakan wujud komitmen Volvo untuk mengambil bagian pada pengurangan dampak lingkungan dengan berfokus pada truk-truk berbahan bakar gas yang lebih efisien.

new_volvo_gas_truck_equipina

Varian terbaru ini merupakan heavy duty truk berstandar emisi Euro-6 yang bisa menggunakan LNG atau biogas. Terdiri atas 2 model, Volvo FH LNG dan Volvo FM LNG yang juga dapat menggunakan biogas. Bila menggunakan biogas, pengurangan kadar emisi yang bisa mencapai 100% dibandingkan menggunakan bahan bakar solar, sementara bila menggunakan LNG, pengurangan emisi mencapai 20%.

Selain itu, truk-truk Volvo ini konsumsi bahan bakarnya lebih hemat 15-25% dibandingkan truk-truk sejenis di pasaran yang menggunakan bahan bakar gas. Dengan karakteristik beban operasi yang bervariasi, LNG dipilih sebagai alternatif terbaik bahan bakar gas yang digunakan.

Mats Franzen, Product Manager Engines dari Volvo Trucks menyatakan, “Truk terbaru dari Volvo yang berbahan bakar gas alam atau biogas akan memberikan dampak lingkungan yang jauh lebih rendah dibandingkan truk-truk berbahan bakar solar. Selain itu truk-truk ini didesain memiliki efisiensi lebih tinggi dari truk-truk berbahan bakar gas yang ada di pasaran saat ini. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan gas merupakan solusi yang lebih efisien dibanding solar terutama untuk angkutan jarak jauh.”

Sebagai gambaran, sebuah truk angkutan berat berbahan bakar gas yang menempuh jarak 120.000 km per tahun bisa mengurangi timbulnya emisi CO2 sebanyak 18-20 ton per tahun. Di Eropa sendiri pada tahun lalu tercatat lebih dari 264.000 truk angkutan berat berseliweran di jalan. Dengan penggunaan gas ini, terbuka peluang untuk mengurangi kadar emisi secara global. Dari sisi harga pun, di berbagai negara gas memiliki harga yang lebih kompetitif. Saat ini infrastruktur distribusi LNG sedang giat dibangun sesuai rencana aksi dari Komisi Eropa dan para anggotanya untuk menjaga kesinambungan suplai Energi di Eropa.

new_volvo_gas_truck_equipina_1

Sementara Lars Martensson, Director Environment and Innovation dari Volvo Trucks menyatakan, “Bagi Volvo, LNG merupakan pilihan pertama bahan bakar alternatif pengganti diesel dalam jangka panjang bagi truk-truk jarak jauh, dimana efisisensi bahan bakar, payload dan produktivitas sangat menentukan. Visi kami agar truk-truk Volvo memiliki emisi nol, meskipun untuk mencapai hal itu tidakmudah karena diperlukan serangkaian tindakan secara paralel. LNG merupakan pilihan terbaik.”

 

(ES)