Wintor, Traktor Mini Multi Fungsi Karya Anak Bangsa

Indonesia merupakan negara agraris, dimana sebagian besar masyarakatnya hidup dari pertanian. Namun mayoritas petani di Indonesia masih menggunakan cara pengolahan lahan, penanaman sampai dengan pemanenan secara tradisional. Kalaupun ada petani yang sudah menggunakan alat pertanian modern, namun jumlahnya belum banyak. Salah satu penyebabnya adalah mahalnya harga alat-alat pertanian modern. Sangat disayangkan bila saat ini berbagai produk alat pertanian dari berbagai negara masuk ke Indonesia.

Namun ada gembira, Bangsa Indonesia sudah mampu memproduksi alat pertanian melalui produk Wintor. Wintor (Winteq Motor) yang diproduksi oleh PT. Velasto Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari PT Astra Otoparts Tbk., menggunakan 86% kandungan komponen lokal. Hanya engine dan beberapa part yang masih menggunakan produk impor.

Wintor memposisikan diri sebagai mini traktor untuk mengangkut buah kelapa sawit dan pupuk di dalam area perkebunan (infield) terutama lahan dengan kontur tanah datar dan berbukit. Ada 2 model alat pertanian Wintor yang diproduksi oleh PT. Velasto Indonesia, Wintor XP 500 yang menggunakan ban dan Wintor XH 500 yang menggunakan track karet.

Wintor XP 500 berfungsi untuk mengangkut tandan buah segar sawit, didesain untuk mampu memasuki area yang sempit dengan permukaan tanah yang lunak utuk mengumpulkan tandan sawit. Berbobot 480 kg, Wintor XP 500 mampu mengangkut 15-25 tandan sawit. Dengan engine diesel Kubota OC-95 1 silinder, Wintor XP 500 memiliki daya output 10 hp. Untuk membuang muatannya, ada 2 versi Wintor XP 500 yang ditawarkan PT. Velasto Indonesia, manual dan hidraulik. Manual maksudnya operator mengangkat sendiri bak Wintor XP 500 sehingga tandan-tandan sawit yang diangkutnya bisa berjatuhan.

wintor_equipina_1

Sedangkan Wintor XH 500 menggunakan track yang terbuat dari baja, sehingga sangat cocok untuk mengangkut tandan buah sawit pada area yang menanjak atau menurun. Untuk sistem pembuangan muatan menggunakan sistem hidraulik. Bak (bin) nya mampu dimuat tandan sawit 400-500 kg.

Selain menggunakan bak untuk pengangkutan tandan buah sawit, Wintor XP 500 dan XH 600 juga bisa menggunakan bak composter. Fungsi bak composter ini adalah mengangkut pupuk untuk dicurahkan pada area perkebunan. Bak composter ini terbagi menjadi 2 bagian kiri dan kanan yang berfungsi untuk mengangkut dan menuangkan pupuk pada sisi kiri maupun kanan unit.

Untuk informasi lebih lanjut, hubungi :

PT. ASTRA OTOPARTS Tbk
Jl. Raya Pegangsaan Dua Km. 2,2
Kelapa Gading – Jakarta
14250

Tel: (021) 460 3550, 460 7025
Fax: (021) 460 3563, 4607009

Website : http://www.astra-otoparts.com/product.asp?cat=1000978&lang=EL

 

(HP)

Leave a Comment