XCMG Hanvan, Heavy Duty Truck Untuk Pertambangan

Pada ajang Mining Indonesia 2017, yang berlangsung pada bulan September 2017 yang lalu, di booth XCMG terlihat sebuah dump truck berwarna kuning. Sayangnya dump truck berwarna mencolok ini luput dari perhatian pengunjung yang berlalu lalang. Mungkin hal ini disebabkan posisi booth dari XCMG yang agak tersembunyi. Sesekali hanya terlihat beberapa pengunjung yang sepintas lewat atau sekedar berfoto dengan latar belakang truk ini.

Namun siapa yang menyangka dump truck ini berhasil menyabet sebuah penghargaan bergengsi di negara asalnya, Tiongkok. Ya inilah XCMG Hanvan yang cukup menarik perhatian pengamat otomotif dunia.

xcmg_hanvan_equipina

XCMG Hanvan adalah dump truck yang dikembangkan oleh raksasa alat berat asal Tiongkok, XCMG. Pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2016 yang lalu, Hanvan yang termasuk kategori heavy duty truck ini memiliki 3 varian: Hanvan G5, Hanvan G7 dan Hanvan G9. Ketiga varian Hanvan ini semakin melengkapi truk-truk XCMG yang sebelumnya hadir dengan 4 variannya, QL T3, RL dan Z.

Dengan desainnya yang fleksibel, berbagai aplikasi bisa diterapkan pada truk ini, dari mulai tractor head, dump truck, tipperuntuk jenis special-purpose vehicle, dari heavy-duty truck sampai dengan medium-sized truck, dari wide-bodied ke narrow-bodied, dari tipe on-highway sampai tipe off-highway, dan dari tipe road ke tipe engineering yang bisa dikostumisasi. Sekali lagi XCMG menunjukan dominasinya pada industri truk-truk heavy-duty yang membuat XCMG memiliki varian produk yang sangat banyak.

Tidak sampai 2 tahun, Hanvan berhasil menyabet penghargaan bergengsi pada ajang “China Commercial Vehicle Brand of the Year 2017.

Keunggulan utama HANVAN terletak pada tingkat kenyamanan dan keamanan yang ditawarkan. Truk ini dilengkapi dengan teknologi multi kendali dan perangkat kedap suara, sehingga meredam kebisingan di dalam ruangan empat hingga lima desibel lebih rendah dibandingkan level rata-rata industri.

Dalam hal keamanan dan keselamatan, truk ini mengintegrasikan sistem peringatan dan pencahayaan aktif, sedangkan dalam hal efisiensi, truk ini dilengkapi dengan sistem dinamis optimal yang khusus dirancang untuk mengurangi koefisien hambatan angin. Bobot kosong truk ini jauh lebih ringan karena menggunakan spare part dan komponen berbobot ringan.

Dump truk Hanvan menggabungkan berbagai produk dari Weichai Power, seperti engine Weichai, transmisi Fast Gear dan axle dari Handle Axle.Truk ini juga mengalami berbagai peningkatan, seperti horsepower yang diupgrade dari 270 Hp menjadi 430 Hp. Menggabungkan berbagai fitur-fitur unggulan yang dikembangkan XCMG, Hanvan bisa diaplikasikan dengan mudah pada berbagai tuntutan di proyek-proyek konstruksi dan pertambangan. Unit ini juga telah melalui serangkaian tes seperti test bench, tes keselurahan unit, termasuk test drive.

xcmg_hanvan_equipina_1

Untuk mengembangkan truk-truk Hanvan ini, XCMG menggandeng berbagai institusi R&D seperti Nanjing XCMG R&D Institute dengan fokus pengembangan berbagai teknologi tinggi untuk diterapkan pada desain dan produksi truk-truk ini., termasuk juga melalui jaringan XCMG di mancanegara. Khusus untuk pengembangan produksi XCMG bekerjasama dengan berbagai lembaga R&D di Asia, untuk memastikan kualitas dari truk-truk Hanvan ini sudah memenuhi standar yang ada.

 

(HP)

(Visited 16 times, 1 visits today)