Business & Profile

XCMG Mensejajarkan Diri dengan Produsen Alat Berat Terkemuka Dunia Lainnya dengan XCMG DE400 dan XE4000

Pada pameran alat berat Bauma 2012 di Beijing, Tiongkok, XCMG, sebuah pabrikan alat berat asal Tiongkok mengejutkan masyarakat dunia dengan menghadirkan sekaligus 2 produk alat beratnya yang dikategorikan ‘giant equipment’ melalui DE400 dan XE4000. Betapa tidak, Tiongkok walaupun semakin diperhitungkan sebagai salah satu negara produsen alat berat, namun produk-produk alat berat Tiongkok lebih dikenal dengan alat-alat berat berukuran kecil sampai sedang. Siapapun tahu, untuk bisa memproduksi alat berat berukuran raksasa, tidak saja dibutuhkan investasi yang sangat besar, namun juga penguasaan teknologi dan kemampuan pemasarannya.

DE400 merupakan rigid dump truck dengan kapasitas angkut (payload) 363 ton, sedangkan XE 4000 merupakan excavator dengan bobot mencapai 400 ton. Walaupun bukan dump truck terbesar di dunia, yang saat ini record-nya masih dipegang BelAZ-75710 dengan payload 450 ton, namun XCMG DE400 bersama Caterpillar 797F (AS), Terex MT 6300AC (AS), Liebherr T-282 (Jerman) dan HMTK 6000 (Tiongkok), merupakan off-highway dumptruck terbesar kedua di dunia.

xcmg_big_hauler_equipina

Memiliki panjang 16 meter, ltinggi 7,6 meter, DE400 dapat mengangkut berbagai material dari mulai tanah, batu bara, material mineral tambang sampai dengan batu mencapai 363 ton. Dengan muatan maksimum saat lifting, untuk mencapai batas lifting maksimum waktu yang dibutuhkan cuma 24 detik. Dump truck ini memiliki kecepatan maksimum dengan  muatan penuh 50 km per jam.

Engine-nya menggunakan 2 engine diesel MTU Seri 4000 20 silinder Tier-2 dengan total output 3650 Hp. Versi terbaru dari dump truck terbesar di Tiongkok ini sudah menggunakan electric drive yang didesain oleh XCMG sendiri, yang menjadikannya dump truck terbesar di dunia yang telah mengadopsi electric drive menggantikan mekanikal final drive konvensional.

Tidak tanggung-tanggung, XCMG juga membesut giant excavator XE4000. Walaupun excavator ini bukan pasangan kerja dari DE400, namun inilah excavator terbesar yang diproduksi negara Tirai Bambu tersebut. Dengan bobot operasi 390 ton, kapasitas bucket 22 m3, engine 2000 Hp @1800 rpm, excavator ini bisa disejajarkan dengan Komatsu PC4000, Caterpillar 6040 dan Liebherr 9400. Konstruksi XE4000 didesain dan dibangun oleh XCMG sendiri, sedangkan untuk sistem hidraulik XCMG bekerjasama dengan para engineer ex dari Terex O&K dan Bosch Rexroth.

XE4000 hanya tersedia untuk varian backhoe. Excavator ini sangat cocok untuk dipasangkan dengan dump truck 240 ton

Baca juga :
Mengenal Sanjiang WTW220E, Giant Mining Truck Asal Negara Tirai Bambu

xcmg_big_digger_equipina

XCMG (Xuzhou Construction Machinery Group) adalah sebuah grup Badan Usaha Milik Negara (BUMN) milik pemerintah Tiongkok yang bergerak dalam bisnis manufaktur alat berat. Berbasis di Xuzhou, Provinsi Jiangsu, XCMG Group berdiri pada tahun 1989, perusahaan ini memproduksi berbagai varian alat berat untuk pertambangan dan konstruksi, seperti excavator, heavy truck, crawler crane, wheel loader, bulldozer, dll. Total ada 18 jenis alat berat yang diproduksi XCMG. Tidak hanya alat berat, bisnis dari XCMG juga merambah ke sektor keuangan seperti finance, leasing dan juga industri remanufaktur.

Untuk mengembangkan bisnisnya, XCMG bekerjasama dengan berbagai pabrikan alat berat dunia seperti Caterpillar dan Liebherr. Pada Oktober 2005, XCMG hampir diakuisisi sebuah perusahaan Amerika, Carlyle Group, namun pada saat-saat terakhir pemerintah Tiongkok membatalkan transaksi pembelian ini. Tidak hanya kerjasama strategis, dalam mengembangkan bisnisnya XCMG juga mengakuisisi perusahaan lain, seperti salah satunya perusahaan Jerman, Schwing, yang bergerak pada bisnis manufaktur peralatan konstruksi.

Berawal dari Tiongkok, XCMG melebarkan sayapnya ke berbagai penjuru dunia, termasuk Indonesia. Di Indonesia, berbagai produk XCMG keagenannya dipegang oleh PT. Gaya Makmur Putra.

Baca juga:
One Stop Heavy Equipment Solution: PT. Gaya Makmur Tractors

 

(LK)